Breaking News

Sun-Ways Panel Surya dalam Rel Kereta Api

Negara ini Berencana untuk Mengurangi Biaya Energi Menjadi $0,10 per Kwh dengan Memasang Panel Surya di Bagian Dalam Jalur Kereta Api

Secara global terdapat lebih dari 720.000 mil jalur kereta api yang tersedia.

Sebuah perusahaan rintisan di Swiss telah mengembangkan panel surya fotovoltaik (PV) yang dapat ditempatkan pada sistem kereta api, yang berpotensi menghasilkan energi dalam jumlah besar di seluruh jalur kereta api Swiss sepanjang lebih dari 4.300 mil.

Perusahaan tersebut, Sun-Ways, diperkirakan akan meluncurkan jalur kereta tenaga surya pertamanya pada bulan Mei, dimulai dengan sebagian jalur yang dimiliki oleh operator kereta api Swiss, Transports Publics Neuchâtelois SA. Panel-panel tersebut akan ditempatkan di ruang antar rel, yang berarti kereta api akan melewatinya saat lewat.

Peluncuran awal akan memakan waktu sekitar 360 kaki. Panel yang telah dirakit sebelumnya digulirkan ke rel kereta api dengan cara yang mirip dengan membuka gulungan karpet dan dapat dengan mudah dipindahkan ketika tiba waktunya untuk pemeliharaan dan perbaikan.

Menurut Sun-Ways, jalur kereta api sepanjang 10 kilometer (sekitar enam mil) dapat menampung 5.000 modul surya dan menghasilkan dua gigawatt jam energi surya setiap tahun – cukup untuk menggerakkan 20 juta bola lampu. Hal ini akan menyebabkan biaya listrik menjadi sekitar sepuluh sen per KWh – sekitar setengah harga listrik konvensional di AS.

Teknologi ini berpotensi membantu menghasilkan energi terbarukan, mengurangi tekanan pada jaringan listrik tanpa memerlukan sumber energi kotor seperti minyak dan gas, yang merupakan sumber utama polusi dan karbon yang menyebabkan pemanasan global. Eropa mempunyai sekitar 162.000 mil jalur kereta api, dan secara global terdapat lebih dari 720.000 mil jalur kereta api, sehingga hal ini merupakan sumber daya yang sangat besar untuk menghasilkan energi.

Panel energi surya dimasukkan ke dalam jaringan listrik, tetapi pada akhirnya juga dapat memberi daya pada kereta itu sendiri.


Sun-Ways Menggunakan Ruang Rel Kereta Api untuk Panel Surya

Perubahan iklim telah membawa tantangan baru. Negara-negara di seluruh dunia berupaya mengganti energi fosil dengan sumber yang lebih ramah lingkungan. Namun, teknologi yang memungkinkan kita memanfaatkan energi alam, seperti matahari, biasanya sangat mahal. Ini juga membutuhkan ruang yang besar untuk bekerja. Itu sebabnya upaya untuk membuat dan memasang panel surya bergerak jenis baru di “ruangan yang kurang dimanfaatkan” dapat membawa perubahan besar.

Sun-Ways adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 2021 dengan tujuan mengembangkan cara baru dalam menangani listrik tenaga surya, termasuk inovasi penggunaan panel surya. Perusahaan saat ini sedang mengerjakan proyek percontohan di Swiss. Tantangan mereka adalah memasang panel surya yang bisa dilepas di ruang kosong di antara rel kereta. Pemanfaatan jarak antar jalur kereta api Swiss sekitar 7.000 kilometer berpotensi menyediakan pasokan energi ramah lingkungan yang dapat diandalkan. Artinya, tersedia ruang seluas 7.000.000 meter persegi untuk memasang panel surya.


Tantangan dan Manfaat

Tantangan yang dihadapi Sun-Ways sungguh nyata. Jalur kereta api Swiss digunakan setiap hari oleh ribuan kereta api. Oleh karena itu, perusahaan telah mengembangkan teknologi baru dan canggih yang memungkinkan panel surya mudah dijatuhkan ke lokasi dengan kereta api. Mereka juga mudah untuk dilepas ketika diperlukan perawatan di lintasan. Dengan demikian, panel surya tidak akan mengganggu fungsi kereta. Kita dapat berasumsi bahwa kereta pemeliharaan akan dapat bergerak di sepanjang rel kereta dan memperbaiki panel surya bila diperlukan.

Jika proyek percontohan Sun-Ways mencapai hasil yang memuaskan, teknologi barunya akan membawa perubahan besar. Menempatkan panel surya hanya 10 kilometer dari jalur kereta api akan menghasilkan produksi tahunan sebesar 2 GWh. Ini mewakili konsumsi tahunan 400 keluarga. Hal ini akan tercapai tanpa mempengaruhi lingkungan dan alam. Selain itu, tidak akan berdampak apa pun terhadap warga yang berada di sekitar rel.


Sun-Ways Memasang Panel Surya pada Rel Tanpa Instalasi dan Dapat Dilepas

Jalur kereta api ini sangat panjang, serta mempunyai ruang-ruang kosong yang tidak terpakai bila tidak ada kereta api yang lewat.

 

Bagaimana ruang digunakan untuk panel surya?

Seperti salah satu negara yang memasang panel surya di sepanjang jalan raya, memperoleh energi listrik dari ruang-ruang kosong di jalan. Tanpa harus menyediakan lahan khusus untuk panel surya, tentunya berada di jalan tol.

 

Rancangan pertama untuk sebuah kereta memasang panel surya di relnya.

Sun-Ways memiliki teknologi yang menggunakan gerbong kereta yang langsung memasang panel surya. Tidak memerlukan pemasang seperti tiang panel surya, karena jalur keretanya sangat panjang. Sistem ini bekerja secara otomatis seperti membentangkan hamparan panel surya di atas rel kereta api.

Sun-Ways mengatakan jika proyek mereka terlaksana, maka ini akan menjadi solusi terhadap krisis energi.

 

Menggunakan panel surya dapat membantu menghemat listrik di Swiss.

Perhitungan yang diberikan pun tidak sedikit, energi yang dihasilkan panel surya berjumlah 1 terawatt hour, yaitu sekitar 30% dari produksi seluruh pembangkit listrik di Swiss saja.

Dari segi luas, lahan kosong yang bisa dieksploitasi mencapai 7 juta meter persegi. Itu hanyalah ruang kosong di atas rel kereta. Ia mengatakan panel surya setara dengan 350.000 rumah.

 

Mengunakan Sistem Otomatis

Sun-Ways menggunakan sistem otomatis. Bukan staf instalasi yang membutuhkan jam kerja untuk instalasi. Dalam proses pemasangan panel, gerbong kereta menurunkan panel surya langsung ke rel kereta.

 

Rencana Kedepan

Ide Sun-Ways masih menunggu lampu hijau dari regulator transportasi umum Swiss. Sebab urusan perkeretaapian ada pada dinas perhubungan.

Sebelum dimulai, harus dilakukan pengujian, seperti studi kelayakan dan dampaknya terhadap jalur kereta api tempat panel surya akan dipasang. Jika lolos, perusahaan bisa memulai proyek percontohan terlebih dahulu.

 

Telah terjadi beberapa kasus kesalahan dalam pemasangan panel surya.

Pada tahun 2016, perusahaan Perancis Mattway melakukan eksperimen pemasangan panel surya di jalan pedesaan. Ide menarik inilah yang menginspirasi pemerintah untuk menciptakan jalan ramah lingkungan.

Namun rencana yang buruk dan desain yang tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan kondisi di lapangan.

Rambu tersebut dibangun kokoh untuk menopang bobot kendaraan warga, namun tidak terlihat ada kendaraan jenis lain yang sering melintas.

 

Energi Surya Merupakan Solusi Terbaik

Hingga saat ini para ahli sepakat bahwa energi surya merupakan solusi terbaik untuk mengatasi krisis energi. Namun hal ini bukan disebabkan oleh kepemilikan tanah, atau kurangnya teknisi yang berkualifikasi. Sektor tenaga surya hanya tumbuh 1-2% per tahun.

Sun-Ways mengatakan teknologinya “benar-benar unik” karena seluruh atau sebagian instalasi dapat dilepas kapan saja.

 

Mengapa panel surya harus dicopot lagi dari rel kereta api?

Rel kereta api memerlukan perawatan, seperti pemadatan bagian bawah rel untuk memperkuat rel kereta.

Panel surya Sun-Ways tidak perlu dipasang secara permanen, dapat diangkat terlebih dahulu, dan dapat dilakukan perawatan jalur kereta api.

About admin

Check Also

Manfaat Luar Biasa Nanomaterial dalam Industri: Mengubah Dunia dengan Teknologi Terkini

Manfaat Luar Biasa Nanomaterial dalam Industri: Mengubah Dunia dengan Teknologi Terkini

  Nanomaterial adalah bahan yang memiliki ukuran partikel sangat kecil, yaitu dalam skala nanometer. Ukuran …

Recent Comments

No comments to show.