Breaking News

Definisi Cybersecurity atau Keamanan Siber

Apa Itu Keamanan Siber?

Keamanan siber adalah praktik mengamankan jaringan, sistem, dan infrastruktur digital lainnya dari serangan jahat. Dengan kerugian akibat kejahatan siber yang diperkirakan mencapai $18,7 miliar antara tahun 2017 dan 2021, tidak mengherankan jika bank, perusahaan teknologi, rumah sakit, lembaga pemerintah, dan hampir semua sektor lainnya berinvestasi dalam infrastruktur keamanan siber untuk melindungi praktik bisnis mereka dan jutaan pelanggan yang mempercayai mereka. data mereka.

Apa strategi keamanan siber terbaik? Infrastruktur keamanan yang kuat mencakup perlindungan berlapis yang tersebar di seluruh komputer, program, dan jaringan perusahaan. Dengan begitu banyak hal yang dipertaruhkan, tidaklah berlebihan jika kita berpikir bahwa alat dan pakar keamanan siber bertindak sebagai garis pertahanan terakhir antara informasi paling penting dan kekacauan digital.

 

Peran Keamanan Siber

Terdapat profesional keamanan siber yang bekerja di berbagai industri termasuk layanan kesehatan, perbankan, dan pemerintahan. Mereka berupaya mengidentifikasi kerentanan, membentengi organisasi terhadap potensi risiko dunia maya, dan bereaksi terhadap ancaman digital secara real-time untuk melindungi sistem penting dan data sensitif.

Antara Mei 2021 dan April 2022, terdapat lebih dari 1 juta orang yang dipekerjakan di angkatan kerja keamanan siber, menurut CyberSeek, yang mengelola data tentang pasar kerja keamanan siber. Terdapat juga lebih dari 700.000 lowongan pekerjaan terkait keamanan siber yang diposting online pada periode yang sama. Berikut adalah jabatan-jabatan teratas di sektor ini:

  • Analis keamanan siber
  • Pengembang perangkat lunak
  • Konsultan keamanan siber
  • Penguji penetrasi dan kerentanan
  • Manajer keamanan siber
  • Insinyur jaringan
  • Teknisi Sistem
  • Pengembang perangkat lunak senior
  • Administrator sistem

 

Jenis Serangan Cyber

Saat ini, serangan dunia maya datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Beberapa di antaranya mungkin merupakan serangan ransomware yang terang-terangan (membajak produk atau alat bisnis penting dengan imbalan uang untuk melepaskannya), sementara beberapa lainnya merupakan operasi terselubung di mana penjahat menyusup ke sistem untuk mendapatkan data berharga yang baru ditemukan beberapa bulan setelah kejadian, jika di semua. Penjahat semakin licik dalam melakukan tindakan jahatnya dan berikut adalah beberapa tipe dasar serangan dunia maya yang memengaruhi ribuan orang setiap hari.

Jenis – Jenis Ancaman Keamanan Siber

  • Malware
  • Phishing
  • Rekayasa sosial
  • Serangan man-in-the-middle
  • Serangan zero-day

 

Malware

Malware digunakan untuk mendeskripsikan perangkat lunak berbahaya, termasuk spyware, ransomware, dan virus. Biasanya virus ini menerobos jaringan melalui kerentanan, seperti mengeklik tautan email yang mencurigakan atau memasang aplikasi berisiko. Begitu berada di dalam jaringan, malware dapat memperoleh informasi sensitif, selanjutnya menghasilkan lebih banyak perangkat lunak berbahaya di seluruh sistem, dan bahkan dapat memblokir akses ke komponen jaringan bisnis yang penting (ransomware).

 

Phishing

Phishing adalah praktik pengiriman komunikasi berbahaya, biasanya email, yang dirancang agar muncul dari sumber yang memiliki reputasi baik dan terkenal. Email-email ini menggunakan nama, logo, dan kata-kata yang sama dengan CEO atau perusahaan untuk menghilangkan kecurigaan dan membuat korban mengeklik tautan berbahaya. Setelah tautan phishing diklik, penjahat dunia maya memiliki akses ke data sensitif seperti kartu kredit, jaminan sosial, atau informasi login.

 

Rekayasa Sosial

Rekayasa sosial adalah proses memanipulasi orang secara psikologis untuk membocorkan informasi pribadi. Phishing adalah salah satu bentuk rekayasa sosial, di mana penjahat memanfaatkan rasa ingin tahu atau kepercayaan alami seseorang. Contoh rekayasa sosial yang lebih maju adalah dengan manipulasi suara. Dalam kasus ini, penjahat dunia maya mengambil suara seseorang (dari sumber seperti pesan suara atau postingan media sosial) dan memanipulasinya untuk menelepon teman atau kerabat dan meminta nomor kartu kredit atau informasi pribadi lainnya.

 

Serangan Man-in-the-Middle

Serangan Man-in-the-Middle (MitM) terjadi ketika penjahat mengganggu lalu lintas transaksi dua pihak. Misalnya, penjahat dapat memasukkan dirinya di antara Wi-Fi publik dan perangkat seseorang. Tanpa koneksi Wi-Fi yang terlindungi, penjahat dunia maya terkadang dapat melihat semua informasi korban tanpa pernah tertangkap.

 

Serangan Zero-Day

Serangan zero-day kini semakin sering terjadi. Pada dasarnya, serangan ini terjadi antara pengumuman kerentanan jaringan dan solusi patch. Atas nama transparansi dan keamanan, sebagian besar perusahaan akan mengumumkan bahwa mereka menemukan masalah dengan keamanan jaringan mereka, namun beberapa penjahat akan mengambil kesempatan ini untuk melancarkan serangan sebelum perusahaan dapat memberikan patch keamanan.

 

Dasar-dasar Keamanan Siber

Pendekatan keamanan siber berlapis adalah cara terbaik untuk menggagalkan serangan siber yang serius. Kombinasi firewall, perangkat lunak, dan beragam alat akan membantu memerangi malware yang dapat memengaruhi segala hal mulai dari ponsel hingga Wi-Fi. Berikut beberapa cara pakar keamanan siber melawan serangan digital yang gencar.

 

Praktik Terbaik Keamanan Siber

Dengan serangan dunia maya yang terjadi tanpa henti, firewall, perangkat lunak antivirus, perangkat lunak anti-spyware, dan alat manajemen kata sandi harus bekerja secara harmonis untuk mengecoh penjahat dunia maya yang sangat kreatif.

Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS merekomendasikan individu dan organisasi memperbarui perangkat lunak mereka secara rutin untuk memastikan tidak ada kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh calon penyerang, serta memastikan mereka menggunakan perangkat lunak antivirus terkini yang memiliki reputasi baik. Tindakan perlindungan lainnya termasuk mengubah nama pengguna dan kata sandi default, menerapkan otentikasi multi-faktor, memasang firewall dan mengidentifikasi serta menghindari email yang mencurigakan.

 

Praktik Terbaik Keamanan Siber

  • Memperbarui perangkat lunak secara berkala
  • Menggunakan perangkat lunak antivirus yang memiliki reputasi baik dan terkini
  • Mengubah nama pengguna dan mengubah kata sandi default
  • Menerapkan otentikasi multi-faktor
  • Memasang firewall
  • Mengidentifikasi dan menghindari email yang mencurigakan

 

AI untuk Keamanan Siber

Kecerdasan buatan digunakan dalam keamanan siber untuk menggagalkan berbagai macam kejahatan siber yang berbahaya. Perusahaan keamanan melatih alat AI untuk memprediksi pelanggaran data, memperingatkan upaya phishing secara real-time, dan bahkan mengungkap penipuan rekayasa sosial sebelum menjadi berbahaya.

 

Keamanan Seluler

Ponsel adalah salah satu perangkat yang paling berisiko terkena serangan dunia maya dan ancamannya semakin meningkat. Kehilangan perangkat adalah kekhawatiran utama para pakar keamanan siber. Meninggalkan ponsel kita di restoran atau di belakang kendaraan bersama bisa berbahaya. Untungnya, ada alat yang mengunci semua penggunaan ponsel — atau membuat kata sandi multifaktor — jika kejadian ini terjadi.

Keamanan aplikasi juga menjadi masalah besar lainnya. Untuk memerangi aplikasi seluler yang meminta terlalu banyak hak istimewa, membawa virus Trojan, atau membocorkan informasi pribadi, para ahli beralih ke alat keamanan siber yang akan memperingatkan atau memblokir aktivitas mencurigakan.

 

Keamanan Wi-Fi

Menggunakan Wi-Fi publik dapat membuat Anda rentan terhadap berbagai serangan cyber man-in-the-middle. Untuk mengamankan diri dari serangan-serangan ini, sebagian besar pakar keamanan siber menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak terkini dan menghindari situs-situs yang dilindungi kata sandi yang berisi informasi pribadi, seperti perbankan, media sosial, dan email. Bisa dibilang, cara paling aman untuk mencegah serangan cyber pada Wi-Fi publik adalah dengan menggunakan jaringan pribadi virtual, atau VPN. VPN menciptakan jaringan aman, tempat semua data yang dikirim melalui koneksi Wi-Fi dienkripsi.

 

Mengamankan Terhadap Malware

Keamanan terhadap malware tentu saja merupakan salah satu masalah terpenting saat ini, dan hal ini akan terus terjadi seiring dengan berkembangnya perangkat lunak berbahaya. Paket perangkat lunak anti-virus diperlukan untuk memerangi aktivitas mencurigakan. Paket-paket ini biasanya menyertakan alat yang melakukan segalanya mulai dari peringatan terhadap situs web mencurigakan hingga menandai email yang berpotensi berbahaya.

 

Keamanan Browser Web dan Cloud

Keamanan browser adalah aplikasi untuk melindungi data jaringan yang terhubung ke internet dari pelanggaran privasi atau malware. Alat peramban anti-virus mencakup pemblokir pop-up, yang hanya memperingatkan atau memblokir tautan dan iklan yang berisi spam, mencurigakan. Taktik yang lebih canggih mencakup autentikasi dua faktor, menggunakan plugin browser yang berfokus pada keamanan, dan menggunakan browser terenkripsi.

About admin

Check Also

Pentingnya Proteksi Data dan Privasi dalam Sistem Pendidikan

Pentingnya Proteksi Data dan Privasi dalam Sistem Pendidikan

  Proteksi data dan privasi merupakan hal yang sangat penting dalam sistem pendidikan. Dalam era …

Recent Comments

No comments to show.