Breaking News

5 Inovasi Terkini di Dunia Internet of Things (IoT)

Sebenarnya banyak sekali contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah penggunaan smartphone. Melalui smartphone, Anda dapat dengan mudah mengakses informasi, melakukan pembayaran tanpa harus membawa uang tunai, menikmati hiburan dan terhubung dengan perangkat lain.

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa Internet of Things telah berkembang sejak lama. Namun, ini baru menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Jadi apa itu Internet of Things? Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep teknologi yang bertujuan untuk memperluas manfaat Internet dan memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan benda-benda di sekitarnya menggunakan sensor atau teknologi lainnya. Internet of Things erat kaitannya dengan sistem Machine to Machine (M2M) atau biasa dikenal dengan perangkat pintar.

Perangkat pintar ini dapat digunakan untuk membantu orang menyelesaikan pekerjaan dan tugas lainnya. Selain perangkat pintar, kecerdasan buatan, sensor, dan konektivitas juga menjadi elemen yang membentuk Internet of Things.

Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan IoT membawa banyak manfaat di berbagai bidang industri. Mulai dari kesehatan, keuangan, pertanian, transportasi, pendidikan, dan lingkungan hidup. Tak heran jika kehadiran Internet of Things akan membawa perubahan dalam cara hidup masyarakat.

Inovasi IoT terkini akan terus berkembang

Masa depan IoT sangat menjanjikan. Faktanya, dalam lima tahun ke depan, semakin banyak perangkat yang terhubung ke Internet. Ada banyak tren IoT baru yang akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan.

Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan buatan telah memasuki fase baru. Hal ini tidak lepas dari teknologi matang yang berpotensi untuk berkembang lebih jauh. IoT dan AI adalah sekutu alami yang dapat menyelesaikan masalah kompleks apa pun dengan kesederhanaan baru.

Di tahun mendatang, kolaborasi ini akan membantu memfasilitasi tenaga kerja manusia sekaligus meningkatkan proses dan pengalaman digital.

Konektivitas 5G

Konektivitas 5G membuat perangkat IoT dapat berkomunikasi lebih cepat dan efisien. Meski sudah menggunakan konektivitas 5G, distribusinya akan lebih merata di tahun-tahun mendatang. Karena kecepatan internet 5G yang begitu cepat, banyak orang yang menggunakannya untuk terhubung ke perangkat lain guna mengontrol operasional kerja dari jarak jauh, melindungi properti, atau hal lainnya.

Kota pintar dan layanan publik

Kota adalah salah satu tempat utama untuk menerapkan solusi IoT. Solusi-solusi ini mempunyai dampak yang signifikan terhadap lingkungan, masyarakat dan perekonomian. Pelayanan publik yang cerdas juga akan menjadi semakin penting di perkotaan karena hal tersebut mendorong pertumbuhan di berbagai sektor.

Tujuan penerapan IoT di kota pintar dan layanan publik adalah untuk mengoptimalkan penggunaan energi, meningkatkan alokasi sumber daya, dan mengurangi limbah sehingga keberlanjutan dan efisiensi lingkungan perkotaan berfungsi secara optimal.

Kesehatan

Salah satu contoh IoT di bidang kesehatan yang kini menjadi tren adalah pemanfaatan akses internet untuk berkonsultasi dengan dokter. Di masa depan, solusi kesehatan rumah dan fasilitas medis berbasis teknologi inovatif akan tumbuh secara signifikan.

Inovasi-inovasi tersebut mulai dari perangkat pintar untuk memantau penyakit kronis dan pasca operasi, sistem peringatan dini, smart tricorders, teknologi wearable, alat diagnostik medis, dan integrasi teknologi di ruangan rumah sakit.

Rumah Pintar

IoT diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari melalui kenyamanan berbagai perangkat seperti lampu pintar, kunci pintu pintar, colokan pintar, speaker pintar, irigasi otomatis, kamera keamanan, dan robot pembersih lantai. Di tahun-tahun mendatang, banyak orang akan menerapkan rumah pintar untuk memberikan kenyamanan dan keamanan.

About admin

Check Also

Manfaat Luar Biasa Nanomaterial dalam Industri: Mengubah Dunia dengan Teknologi Terkini

Manfaat Luar Biasa Nanomaterial dalam Industri: Mengubah Dunia dengan Teknologi Terkini

  Nanomaterial adalah bahan yang memiliki ukuran partikel sangat kecil, yaitu dalam skala nanometer. Ukuran …

Recent Comments

No comments to show.